News

Digital Fashion Week Dimeriahkan Desainer Manca Negara

By Orie Buchori
" Edisi pertama Digital Fashion Week Jakarta tahun 2017 (DFW JKT 2017) telah resmi dimulai pada Rabu (13/12/2017 dan dukung para talenta fashion hebat dari berbagai Negara. "
Estetica.co.id – Jakarta : Sederet talenta dan kreasi fashion terpilih dari berbagai Negara termasuk Perancis, Italia, Afrika Selatan, Australia, Thailand, Singapura dan Indonesia turut memeraihkan.
 
Setelah lima tahun berjalan di Singapura dan Thailand, akhir nya Jakarta dapat menggelar edisi pertama DFW JKT 2017.
 
“Kami banga mempersembahkan talenta- talenta hebat, brand dan pakar darI berbagai belahan dunia untuk berbagi karya dan kisah sukses mereka dengan para penggiat fashion penting di Indonesia”, papar Charina Widjaya, Managing Director DFW Creative, pemilik dan penyelenggara DFW.
 
DFW Jakarta 2017 ini menampilkan brand dan disainer internasional dari berbagai Negara dan nasional, yang dikurasi dengan teliti.
 
Di antara para disainer tersebut, beberapa nama kondangakan tampil dengan panggung runway tunggal, yaitu: Harry Halim (Paris), Chu Suwannapha (South Africa), Betty Tran (Australia), David Tlale (Afrika Selatan), Michelle Surjaputra( Lotuz, Indonesia) dan Mariano Ippolito (IT’s Lifestyle, Italy).
 
Raffles Design Institute juga menampilkan panggung runway kolektif karya dari beberapa lulusan terbaik mereka dari dua negara, yaitu Paul Natapholand Witchayadari Thailand, sertaInge Kiang (Ink Studio), Adelyn Putri(Nude Femme) dan Shannon SutionodariIndonesia.
 
DFW JKT 2017 juga membawa pakar-pakar industri fashion dunia pada kegiatan Fashion Forum, untuk berbagi kiat agar berhasil di tataran fashion dunia.
 
      Pihak Sponsor Digital Fashion Week 2017
 
Pakar-pakar inspiratif ini yaitu Elena Bara, digital fashion editor VOGUE Italia; Christelle Noviaire-Domec, global creative consultant; Didier De Villiers, pendiri brand fashion Afrika Selatan Magent; Vinn patararin, disainer inovatif dari Thailand; Valerio Mezzanotti, pendiri NowFashion.com, majalah fotografi fashion real-time pertama yang mempublikasikan live fashion shows; Gianmarco Morazzoni, disainer asal Italia danpe milik MORA 1962; sertaValerio Nappi, pakar pemasaran dan komunikasi.
 
DFW meyakini bahwa disamping gaya hidup dan budaya, fashion selalu erat hubungannya dengan seni, dan hal ini diekspresikan pada DFW JKT 2017.
 
Tahun ini, DFW memberikan platform untuk mengapresiasi seni melalui kolaborasi dengan fashion illustrator Indonesia Dinda Puspitasari.
 
Dinda adalah seniman Indonesia yang guratan tangannya telah membubuhkan ilustrasi indah di produk brand-brand luxury papan atas seperti Dior, Louis Vuitton, Fendi, Bally, Longchamp, BreguetdanElle. Dinda akan mengadakan workshop tentang ilustrasi fashion di rangkaian acara DFW JKT 2017.
 
DFW  adalah satu dari sedikit event fashion yang mempromosikan misi social melalui kreativitas.
 
 DFW telah berkolaborasi dengan berbagai organisasi sosial, membantu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dan menggalang donasi untuk berbagai program untuk AIDS,  kanker payudara dan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu.
 
 Tahun ini , DFW JKT 2017 berkolaborasi dengan Project KOOKA @ProjectKooka, program sosial yang di inisiasi oleh beberapa selebritas Indonesia untuk menginspirasi sebuah ‘revolusikreatif’ dengan mengkoneksikan suara, hati dan pikiran anak-anak dan orang  dewasa melalu i‘ART’.

 
                                                                
Program ini membuat boneka-boneka KOOKA yang dilukis oleh selebritas,    seniman, disainer dan public figure lainnya, dan kemudian melelangnya, dan hasil pelelangannya disumbangkan keorganisasinon profit yang bekerja untuk memperbaiki akses anak-anak kurang mampu terhadap pendidikan yang layak.
 
DFW adalah satu-satunya fashion week dengan konsep pemasaran ‘online-to-offline’ yang ada di kawasan Asia.
 
Merupakan salah satu misi DFW untuk membuat kegiatan fashion week masuk akal bagi para disainer, dengan mencoba menciptakan peluang bisnis dan mengupayakan kembalinya investasi bagi disainer yang ikut serta.
 
Tahun ini, untuk pertama kalinya, DFW membuat “Retail Pop-Up Store” di lantai 4 Plaza Indonesia, dan menggelar acara sales yang dijadwalkan setelah setiap runway show selesai.
 
Total ada 12 brand fashion yang akan ada di area pop-up store di DFW JKT 2017, dimana pengunjung Plaza Indonesia dan tamu DFW JKT 2017 akan dapat membeli koleksi yang mereka sukai langsung setelah menyaksikan koleksi tersebut diperagakan di atas runway.
 
Retail pop-up store ini akan dibuka selama dua bulan sejak DFW JKT 2017 dibuka.
 
“Misi kami di setiap gelaran DFW adalah menggelar acara yang lengkap yang terdiri dari panggung runway, fashion forum, sales event dan juga elemen seni dan kegiatan sosial,” tutup Charina.
 
DFW JKT 2017 di gelar pada13-15 Desember 2017 di pusat perbelanjaan bergengsi Plaza Indonesia, dan didukung oleh Maybelline New York, Matrix, Hotel Borobudur, Plaza Indonesia dan Phillips.