

Produk sekelas L’Oreal Professionnel pun tidak salah menempatkannya sebagai salah satu hairdresser ambassador yang dipercaya tampil membuat trend-trend L’Oreal hingga berbagi keahliannya dalam kegiatan seminar L’Oreal diberbagai kota di Indoneisa. Arie Hidayat dan Harry (sapaan Arie Hidayat Siswanto dan Bambang Harryono, Red) sangat mengakui tanpa dukungan dari L’Oreal dan Media Massa merasa tidak ada apa-apanya. L’Oreal sangat membantunya sejak awal berkarir. Duo hairdresser yang sangat bersinergi ini memang saling mengisi. Arie Hidayat lebih cenderung ke seni tata rambut, sementara Harry fokus di seni make up. Untuk mengasah kemampuannya, mereka berdua selalu menargetkan mengikuti segala hal tentang dunia pendidikan tata rambut dan make up. Bahkan dunia fashion show dan training sesering mungkin baik di level nasional maupun internasional diikutinya, agar arus ide dan kreativitasnya terus mengalir. Apalagi semenjak didaulat menjadi hairdresser ambassador belasan tahun yang lalu, ia merasa banyak sekali mendapatkan manfaat dan penghargaan. Baik dalam hal edukasi dan pengalaman untuk belajar di dalam hingga luar negeri.
Terbuka dan Humble
Bagi sebagian rekan hairdresser Indonesia, nama Arie Hidayat memang tidak asing. Pria yang sudah menekuni dunia hairdressing selama kurang lebih 25 tahun ini selalu tampil apik disetiap seminar yang digelar L’Oreal baik mengenai demo trend maupun launching produk terbarunya. Gaya bicaranya lugas, tegas dan terarah, membuat para rekan hairdresser Indonesia tidak sungkan sharing ilmu kepadanya. Sosoknya yang humble membuat ia dengan senang hati berbagi tanpa ada yang harus disembunyikan. “Jangan ada kata lelah dan puas dalam menggali ilmu tata rambut dan kecantikan. Selama kita masih bernafas dan menjalankan aktifitas bisnis dan profesi hairdresser jangan berhenti untuk belajar,” terang Arie Hidayat yang sangat menyukai busana semi casual merk Raqul, Burberry, Hugo Boss, serta Armani Exchange ini. Baginya, ilmu tata rambut dan kecantikan terus berputar dan berkembang. Jika ingin maju dan berkembang keahlian yang otomatis juga mempengaruhi pendapatan terus fokus dan kerjakan dengan hati. Ia sangat senang berbagi pengalaman, kepandaian dengan para hairdresser Indonesia dan begitu juga sebaliknya.

Arie Hidayat adalah salah satu contoh top hairdresser Indonesia yang patut menjadi inspirasi dalam dunia tata rambut dan kecantikan. Tidak hanya skillnya yang begitu piawai, attitude dan gaya bicara baik di atas panggung maupun di luar panggung mampu memberi nuansa kekeluargaan. Begitu pun terhadap para karyawannya. Ia tidak pernah menganggap karyawan adalah bawahan, melainkan sahabat. Hairdresser kelahiran Rembang, Jawa Tengah dengan sosoknya yang humble nan elegant dan tidak menggurui banyak disukai rekan-rekan seprofesinya. Arie Hidayat yang selalu mengkonsumsi air putih setiap pagi hari, berolahraga serta menjaga pola makan ini, dengan senang hati berbagi tanpa ada yang harus disembunyikan. Perjalanan karirnya sendiri dimulai tahun 1980-an, dilalui semua dari nol. Sejak kecil Arie Hidayat memang sudah menyukai gaya rambut yang bagus dan trendy. Kecintaannya pada seni tata rambut terus membara hingga menginjak bangku perguruan tinggi. Tak heran ketika kuliahnya drop out (di Fakultas Hukum, Red), ia mengikuti kursus di akademi tata rambut ternama di ibukota dan bekerja di salon milik orang lain yang cukup ternama di Sirabaya saat itu. Dengan kerja keras, fokus dan keyakinan ingin maju, Ia terus belajar mengasah diri. Akhirnya pada tahun 1996, bersama Harry memutuskan membuka salon kecil-kecilan di gang sempit di kawasan kota Surabaya dengan nama sesuai panggilan mereka berdua, Arie & Harry Salon.
Melebarkan Bisnis
Sejak itu pamornya melesat bak meteor setelah mengikuti berbagai kompetisi tata rambut dan make up baik tingkat Jawa Timur, tingkat nasional bahkan internasional. Beberapa piala bergengsi sudah dimiliki. Juga gelar sebagai penata rambut terbaik tingkat nasional maupun tingkat Asia Pasifik pernah diraih. Berkat kekuatan hati dan mentalitasnya untuk meraih kesuksesan perlahan salonnya terus tumbuh berkembang dengan dukungan produk L’Oreal Professionnel. Kian hari customernya terus bertambah hingga tidak mampu menampungnya. Beberapa tahun kemudian, lokasinya pun dipindah ke tempat yang lebih strategis dan memadai di jalan Ngagel Jaya Utara IV No.1, Surabaya, Jawa Timur, hingga terus tumbuh cabang-cabang lainnya dengan konsep yang modern. Kini salon-salonnya berada di area Supermal Pakuan, Mal Galaxy 2, Empire Palace, Kuta Central Park Bali yang begitu nyaman dan menginspirasi dengan konsep interior berbeda setiap cabangnya.
Tidak sampai disitu saja, melihat peluang yang begitu besar, dengan kejelian bisnis yang sangat dibutuhkan, Ia bersama Harry menambah jasa layanan Bridal yang diluncurkan pada 12 Oktober 2011. Arie Hidayat memberanikan diri meluncurkan bisnis bridal sebagai peyempurna bisnis tata rias rambut dan make up yang selama ini dikelola. Menurutnya, peluang bisnis bridal di Surabaya masih sangat terbuka dan optimis meraih sukses seperti bisnis make up dan tata rambut. Perlu dijelaskan bahwa Arie dan Harry bukanlah desainer pakaian pengantin. Mereka tetap desainer rambut dan make up yang menjadi pebisnis gaun pengantin. Mereka merekrut para desainer muda, penjahit, ahli bordir, serta para pemasang payet maupun borci profesional untuk koleksi gaun pengantinnya. Sebagai pebisnis gaun pengantin Arie lebih mengikuti selera pasar dibanding membentuk selera berbeda. Menurutnya lagi para wanita Surabaya masih suka gaun pengantin dengan taburan kristal Swarovsky. Masih senang dengan potongan ballgown, semi ballgown, a line, mermaid, mini, yang dipadukan dengan bustier, tali satu, off shoulder yang ditambah bolero atau r.ompi. Kini Arie Hidayat patut berbangga, salonnya yang kini bernama Arie & Harry Salon and Bridal menjadi rujukan dan favorit warga Surabaya dan sekitarnya. Setiap karyawannya selalu diberi arahan melakukan pelatihan intensif berstandar internasional kepada para hairdresser, colurist, stylist, kapster, dan therapistnya. Lebih dari itu, soft skill juga wajib dimiliki. Arie mengungkapkan bahwa kunci sukses berikutnya adalah jujur kepada konsumen. Sifat ramah juga ditekankan kepada tiap karyawannya agar para pelanggannya merasa aman dan nyaman